Pantai Glagah


Pantai Glagah berlokasi sekitar 40 km barat daya Yogyakarta di kabupaten Kulon Progo. Sungai Serang yang mengalir menuju ke laut selatan bermuara di pantai ini. Pada sepanjang sisi sungai terdapat lapangan hijau yang teduh dan ditumbuhi pohon-pohon kelapa. Tempat ini cocok untuk perkemahan atau sekedar bersantai. Pemerintah daerah setempat telah membangun kawasan pantai ini dengan berbagai fasilitas seperti taman rekreasi, kolam pemancingan dan bumi perkemahan. Sebelum mencapai pantai terdapat sungai Serang, tempat para penggemar olahraga bisa meperoleh sarana olahraga dayung (canou). Pantai Glagah berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pantai Congot, Kabupaten Kulon Progo, yang keduanya telah dihubungkan dengan jalan beraspal. Obyek wisata pantai Glagah mempunyai daya tarik yaitu ombaknya yang besar, garis pantai yang panjang, kesejukan udara dan airnya yang bersih. Keunggulan obyek wisata ini adalah keberadaan sungai Serang yang bermuara di pantai Glagah yang dapat dipakai untuk wisata tirta. Kegiatan ini dilakukan di sungai Serang. Pengunjung yang sudah memanfaatkan sungai Serang untuk kegiatan wisata tirta yang sebagian besar adalah wisatawan nusantara, terutama mahasiswa pecinta alam dari universitas-universitas di Yogyakarta.
Selain wisata tirta, kegiatan wisata minat khusus yang dilakukan adalah olah raga yang berbentuk event. Event yang pernah diselenggarakan di Pantai Glagah adalah kejuaraan motocross untuk tingkat daerah. Event ini cukup mampu menarik pengunjung, baik sebagai peserta maupun sebagai penonton. Kejuaraan motocross direncanakan diselenggarakan setiap tahun memperebutkan piala bergilir Bupati Kulon Progo. Event lain yang dilaksanakan di Pantai Glagah adalah kejuaraan nasional bola volley pantai pada tahun 1997.
Pantai Glagah juga mempunyai daya tarik untuk wisata budaya, yaitu upacara adat Merti desa. Upacara ini bertujuan untuk keselamatan penduduk desa Glagah. Kegiatan yang dilakukan adalah pertunjukan kesenian daerah seperti wayang dan jatilan. Selain upacara Merti Desa, pantai Glagah juga dipergunakan untuk upacara Labuhan dari Trah Mangkunegaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar